Bus Pariwisata Jogja AO Transport
Bus Pariwisata Jogja AO Transport

Bus Pariwisata Jogja AO Transport Berkembang Meski Mengalami Tragedi Maut 2003

Diposting pada

Ayonaikbis.com – Inilah perjalanan bus pariwisata Jogja AO Transport yang pernah mengalami kisah pahit kecelakan maut 2003 hingga kini berkembang pesat menjadi transportasi Jabodetabek.

Mungkin dari pembaca sekalian yang berada di Jogja sudah sering melihat bus ini berkeliaran dijalanan dan tentunya sebagian kita akan teringat kisah kecelakaan maut yang terjadi tahun 2003 lalu.

Perjalanan AO Transport Bus Pariwisata Jogja

Operator bus pariwisata yang bermarkas di Grha AO Jl. Kabupaten No 7 Sleman, Yogyakarta ini memang sudah lama bergelut didunia transportasi sewa bus pariwisata.

Perusahaan yang didirkan oleh Onny Febriananto.SE dan Adelyna Meliala.Sp.S pada tahun 1994 dengan nama awal CV. AO Sehati Mitra, atau yang lebih dikenal dengan brand AO Transport.

Iya nama AO adalah singkatan dari Alfa Omega atau bisa juga Onny Adelyna yang menjadi inisial perusahaan ini.

Owner Ao Transport
Owner AO Transport

Namun tahukah Anda untuk menjadi yang perusahaan yang tetap survive tidaklah mudah, hal ini juga pernah menerpa Operator bus wisata asal kota gudeg Jogja ini.

Mungkin hampir semua operator bus di Indonesia sudah pernah mengalam hal pahit khususnya kecelakaan lalu lintas dan tidak ada seorang pun yang mengharapkan hal itu terjadi.

Kisah Suram Bus Terbakar 2003

Kisah suram yang menerpa AO Transport terjadi pada tahun 2003, dimana operator ini sedang membawa siswa SMK Yapemda, Sleman pulang studi banding dari Bali.

Bus terbakar dengan penumpang sebanyak 54 orang didalamnya akibat ditabrak sebuah truk kontainer yang memotong jalur dari arah berlawanan.

Tidak ada korban selamat dari kecelakaan mengerikan tersebut semua penumpang hangus terbakar karena memang semua penumpang sedang tertidur.

Kejadian yang terjadi di sebuah tikungan di Jalan Raya Surabaya-Banyuwangi, tepatnya di kawasan Banyu Blugur, Situbondo, Jawa Timur ini sebagai pelajaran bagi kita semua.

Dari kejadian ini banyak hikmah yang dapat diambil yaitu mengenai pentingnya sebuah keselamatan dijalanan.

Bukan itu saja, perusahaan pembuat bodi bus atau karoseri pun dituntut untuk membuat bus yang aman untuk mengurangi resiko kecelakaan seperti membuat akses darudat.

Akses darurat sudah dapat kita temui dibus-bus terbaru saat ini seperti akses dari atas atap yang dapat dibuka, pintu darurat dibagian belakang selain itu terdapat palu pemecah kaca dan APAR.

Anak Dari Bus Baker

Menurut informasi yang kami dapat bahwa AO Transport juga merupakan anak dari pemilik bus legendaris yaitu bus Baker yang melayani rute Umbulharjo (terminal lama) – Kaliurang.

Meskipun untuk saat ini bus baker sudah berhenti beroperasi jadi untuk akses menuju Kaliurang hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi, ojek online atau sewa mobil Jogja.

Selain itu juga AO Transport masih saudara dengan operator bus pariwisata Ardhian Transport Jogja yang keduanya juga membangun bisnis jasa sewa bus pariwisata.

Armada Bus

Untuk unit bus yang dimiliki oleh AO Transport bermacam-macam jenis dari berbagai karoseri dan berikut ini akan kami coba bagikan beberapa bus jadulnya yang kami ambil dari berbagai sumber.

Panorama Limited Edition

Bus pertama AO Transport dengan model Panorama besutan karoseri Laksana, Ungaran.

Menurut beberapa informasi chasis bus ini awalnya milik PO. Mulyo Indah yang kemudian diberi livery khas AO dengan warna putih sederhana.

Bus Panorama Laksana
Panorama Laksana

Galaxy Coach

Selain itu perusahaan ini juga pernah memiliki unit bus dengan model Galaxy Coach besutan karoseri asal Bogor yaitu Restu Ibu Pusaka.

Dengan bentuk yang terlihat sangat klasik dan model headlamp yanh masih terlihat besar dan bus ini juga ditenagai oleh mesin Mercedes Benz.

Galaxy Coach AO Transport
Galaxy Coach Bus pariwisata AO Transport

Volvo B7R

AO Transport pernah memiliki unit langka dengan chasis Volvo B7R dengan bodi Setra berlivery khas AO.

Bus AO Volvo B7R
Volvo B7R

Jetbus MD

Selain bus besar ada juga bus medium yang disedikan oleh bus operator asal Jogja ini, perusahaan ini mempercayakan jahitan dari karoseri Adiputroyaitu jenis Jetbus MD.

Masih tetap menggunakan ciri khas warna putih namun dengan livery gambar wayang dan tulisan aksara Jawa.

Bus Pariwisata Jogja AO Transport
Bus Medium AO Transport

Evonext

AO Transport juga pernah memiliki unit bus buatan karoseri asal Magelang New Armada dengan bodi Evonext.

Masih menggunakan warna dasar putih dan juga livery ciri khas operator dari kota gudeg

Bus Evonext New Armada
Evonext New Armada

Baca Juga : Awal Mula Nama JETBUS Adiputro

Jetbus HD 2

Untuk mendukung armada kapasitas besar terdapat bus Jetbus HD dengan perubahan warna menjadi hitam kombinasi abu-abu.

Dan untuk liverynya juga masih sederhana namun lebih modern dengan text bertuliskan aotransport dibagian lambung bus.

Big Bus Jetbus HD 2
Jetbus HD 2

Jetbus 2+ HDD

Dan big bus lainnya adalah model Jetbus 2+ HDD (High Deck Double Glass) juga menggunakan warna hitam metalik dengan livery yang terlihat modern.

Dan terlihat juga logo dari perusahaan tersebut sudah diperbaharui dengan desain yang lebih kekinian dan elegan.

Bus pariwisata Jogja AO Transport Jetbus 2 HDD
Jetbus 2+ HDD

Jetbus 3 HDD

Armada bus terbaru AO Transport Jogja menggunakan bodi Jetbus 3+ HDD besutan karoseri Adi Putro, Malang dan ditenagaiMercedes Benz OH 1526.

Bus pariwisata Jogja AO Transport Jetbus 3
Jetbus 3+ HDD

Ekspansi Bus Pariwisata Jogja AO Transport

Operator asal Jogja ini tidak hanya melayani sewa bus pariwisata saja, namun juga memiliki Residences Shuttle dan Mall to Mall dengan konsep point to point.

AO Shuttle yang berkolaborasi BADAN PENGELOLA TRANSPORTASI JABODETABEK dalam Program Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion).

Melayani pemukiman khususnya di seputaran BODETABEK untuk sarana Transportasi Umum ke kota Jakarta dan sekitarnya.

AO Shuttle
AO Shuttle

Alamat Kantor Bus Pariwisata AO Transport Jogja

Kantor Pusat

Grha AO Jl. Kabupaten No 7 Sleman Yogyakarta 55291

Kantor Cabang

Halte AO Shuttle Citywalk Jl. MH Thamrin Kav. 110 
Lippo Cikarang Bekasi 17530.
WA : 08190 6792 999, Telpon :0218 973 713

Nah itu tadi sekilas mengenai perjalanan panjang dari bus pariwisata Jogja AO Transport yang melewati banyak lika liku untuk terus bertahan meski persaingan bisnis transportasi yang makin ketat.

Bus Pariwisata & Rental Mobil

Dapatkan informasi bus pariwisata dan rental mobil Murah Terpercaya.

Jika informasi ini bermanfaat silakan Anda bagikan dan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan.

Catatan : Sumber didapatkan dari berbagai media, jika ada tambahan atau kesalahan dari sumber yang kami tuliskan silakan dikoreksi dikolom komentar.

Informasi Menarik Lainnya

Sumber : Ao Transport, facebook, Instagram

5/5 - (5 votes)